We want more than this!! New year eve - Dieng Plateu, Indonesia


Dieng Plateu, Indonesia
Halo~

Bentar lagi weekend! karena pas aku nulis cerita ini adalah hari jumat, kalo kata orang2 gaul jakarta mah TGIF (Thank God It's Friday) !! Yap, para zombi-zombi ibukota (baca:pekerja dengan lingkar mata hitam karena kurang tidur) yang tiap hari harus berangkat kantor dari hari masih gelap dan pulang udah gelap lagi adalah KAUM YANG HAUS AKAN "VACATION" termasuk aku (ya kamu juga kan?). Gimana engga, senin ke jumat udah berkutat sama ratusan bahkan lebih email2 yang isinya minta "dikerjain" jadi begitu hari Jumat, yaaaaa~ tau sendiri kan pikiran malas udah bermunculan dan cuma bayangin WEEKEND!

Ngomong soal weekend dan vacation, akhir desember lalu tepatnya 1 hari sebelum perayaan malam tahun baru yaitu 30 Desember 2015, Aku dan temen2 rencana berangkat ke Dieng Plateu, kita (lagi-lagi) karena lebih suka yang simple, akhirnya memutuskan untuk gabung dengan Open Trip. Waktu itu aku gabung sama "LikeThisAdventure" (Ini recommended karena ikutan tour nya mereka dijamin ga berhenti ngakak) Nih cek disini LikeThisAdventure ( Maaf iklan,padahal kagak dapet royalty. Anggep aja kerja bakti -_____-" ) . Biaya untuk ikutan Trip Dieng ini adalah Rp. 525.000,- (catet) untuk 3hr 2mlm.

Rencananya, kita berangkat ke Dieng ber-5. Yaitu Aku, Kacit (Masih inget kan sama kacit? Temen kantorku yang juga nongol di ceritaku sebelumnya) , Kak Widy (Temen SMA nya kacit yang juga nongol di ceritaku sebelumnya,plus dia ini PDKTan ku. Sssssstt!! jangan bilang siapa2 yaa kalo setelah Trip Pulau Harapan kemaren,akhirnya aku sama dia jadi deket. Pe'a lu nass nass jangan bilang-bilang tapi di share di marih) SKIP! , Kak Harry & Wenny (Ini pasangan buto, mereka tu temennya Kak Widy, kenapa aku bilang "buto" karena kalo makan kayak buto IJO, banyak bener macem ga dikasih makan sehari, eh sebulan deng, eh setaon malah). Kita berangkat ber-5 aja, tanpa ka galih (cogan di cerita pertamaku karna dia ga suka gunung katanya, sukanya cewek, eh pantai maksudnya) tapi biarpun berlima, kalo ngumpul udah kayak cecunguk "arisan" yang berisik nya na'ujubilahhhh.

Waktu itu, meeting point yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara adalah di KFC (dalem carrefour) sebrang Terminal Lebak Bulus jam 3 sore. Aku si wanita jagoan ini, berangkat sendirian dari rumah ku (gausah disebut, pokokmya aku bilang Bogor aja ya biar lebih cucok. Aslinya mah Bojong Gede! Ets jangan disebut!!!) dengan mengendarai kuda, kuda besi ku, maksudnya Comutter Line. Aku naik dari stasiun BOZONK GEDE (puas?aku gedein tuh) ke stasiun Depok Baru dengan biaya hanya Rp.2500,- saja (catet) dari situ langsung jalan kaki ke arah terminal depok sekitar 10 menit, saranku jalannya gausah buru-buru. Nikmatin aja perjalanan kalian dari Stasiun depok baru ke terminal depok (apanya yang di nikmatin nass nass!). Pas udah sampe di terminal depok, aku naik Bus Tanggung, namanya "P.O DEBORAH" jurusan Depok-Lebak Bulus, nama busnya emang "seksi" tapi jangan bayangin tampilannya se-seksi namanya itu. Ni liat penampakannya kalo ga percaya!!!!

Si cantik "debby" A.k.a DEBORAH
Liatkan? dia ga seksi, tapi lumayan cantik sih -__-" emang cantik,tapi jahat ternyata!! karena nge-tem nya lamaaaaa banget. Buat kalian yang udah pernah naikin dia,pasti tau banget gimana manjanya dia, jalan pelan-pelan macem putri solo. Waktu itu, aku naikin "debby" ke lebak bulus dengan biaya Rp.8000,-  (catet). Dan akhirnya, aku mendarat dengan cantik di Terminal Lebak Bulus. Dari situ aku jalan ke arah KFC tempat meeting pointnya.

Dan, disitu aku ketemu gengges ku yang udah pada kumpul (Boong deng, si kacit telat dateng soalnya) plus peserta lain yang jumlahnya sekitar 20 orang. Aku dan geng ku mempersiapkan seluruh persiapan yang harus kami lakukan. Baik Jasmani maupun Rohani (baca:sholat dzuhur) dan setelah itu kami kenalan sama si tour guide nya. Ga usah aku jelasin lah yaa tour guide nya siapa pokoknya Tim LikeThisAdventure.

Sekitar jam 4 sore,kami berangkat dari Lebak Bulus menuju Kawasan Dieng Plateu. Kita berangkat dengan 1 Bus & 1 Elf. Kebetulan aku dkk kebagian naik Elf dengan peng-AC an yang minim. AC nya agak eror dan rusak. Tapi di tengah suasana Elf yang begitu pelik, aku melancarkan modusan ku yang ga akan berakhir biarpun panas mendera.
Kebetulan (kebetulan loh ini ga disengaja sama sekali, *tapi boong) aku sebelahan sama Kak Widy, waktu itu kita duduk di bangku yg berjejer buat 3 orang (Posisi nya waktu itu Kacit di sayap kiri, aku ditengah dan kak widy di sayap kanan). Niat ku sih emang mau modusan, tapi apa daya mulutku ga bs berhenti ngunyah,aku terus2 an makan cemilan yg aku bawa dan akhirnya aku tertidur -___-". DAMN! Kapan mau modusan?? Aku fikir masih byk waktu lah, modusannya nanti2 aja.

Perjalanan ke dieng, memakan waktu kurang lebih 17 Jam, soalnya seinget ku kita sampe disana Jam 9 atau 10 pagi. Soalnya banyak istirahatnya, jadi perjalanan agak lama. Begitu mulai masuk kawasan wisata dieng nya, kita para "Fakir Kamera" buru-buru berfoto buat mengabadikan moment itu.



Dieng1

Dieng2
Begitu sampe, kita diarahkan ke homestay yang lumayan luas. Kita ber-5 kebagian dapet 1 kamar yang ga begitu gede, lagi-lagi akhirnya kita empet-empetan macem ikan pepes. Tapi, justru itu serunya (HAHAHA !! bisa modus nih aku). Acara pertama yaitu kita semua di suruh makan siang, abis makan pulang (Hello~ baru aja nyampe udah disuruh pulang), aslinya abis makan kita di ajak mengunjungi tempat yang super duper EPIC! Namanya Kawah Sikidang, kenapa dinamain kawah sikidang? Aku juga gatau. Nih aku share aja fotonya biar ga penasaran.


Kawah Sikidang1
 
Kawah Sikidang2

Kawah Sikidang3

Kawah SIkidang4

Kawah Sikidang5

Kawah Sikidang6


Kawah Sikidang7
Kalian pasti bingung kan kenapa dari semua foto di kawah sikidang, semuanya pake Plastik kantong kresek haha, anggap aja itu jas ujan. Beli di indomaret harganya cuma Rp. 7000,- (catet) tapi kalo beli dipinggir jalan harganya melonjak drastis jadi... Jadi Rp.10.000,- hahahaha drastis kan?
Di Kawasan Kawah Sikidang ini kita bakal nemuin banyak pedang-pedangan eh,pedagang maksudnya, yang ngejual beraneka ragam makanan dan oleh2 khas Dieng. Misal yang aku liat kemaren adalah Kentang Khas Dieng (Kentangnya di olah macem2, ada yang di goreng, ada yang di rendang, dan di rebus. Aku kasih tau ya, ini kentang rasanya enak banget!! Enak apa karna aku kelaperan mulu ya, abis cuaca dingin kan bawaannya laper) , terus ada minuman khas namanya Purwaceng (Ini dijual didalam kemasan jadi kalian bisa bawa pulang buat oleh2) , terus ada Carica Nah makanan ini emang khasnya dieng banget, dikemas kayak di cup dan bisa kalian bawa pulang. Tapi sayang aku lupa fotoin makanannya.

Setelah dari Kawah Sikidang, kita menuju ke Dieng Theater. Disini kita di kasih tontonan kurang lebih 20 menit tentang Dieng dan kehidupan di Dieng, aku sendiri jujur waktu nonton ketiduran. hihi dasar pelor.

Didepan Dieng Theater
Depan pintu Dieng Plateu Theater

Di dalem Dieng Theater
Abis itu kita ke Kawasan Petak 9 Dieng Plateu. Dari Dieng Theater kita cuma harus jalan kaki lewatin rumput-rumput, yaa kira2 sepuluh menit untuk bisa sampe di Petak 9 Dieng.

Jalan menuju Kawasan Petak 9 Dieng - Plateu


Ngelewatin tangga yang kalo basah jadi licin

Pemandangan pertama begitu masuk kawasan Petak 9
Nah!! Bingung kan kenapa ada Teletubbies disini. SAMA!! Aku juga bingung, lagian apa hubungannya Teletubbies sama Dieng, coba kita analisan bareng2 ya. Hemm! Kayaknya si karena disini banyak bukit, kalian tau kan Teletubbies tinggal dibukit? Yang gatau berarti CUPU! :p

Telaga Dieng1

Telaga Dieng2

Telaga Dieng3

Telaga Dieng4

Depan Pintu Gerbang Petak 9

Masih depan pintu gerbang

Masih depan pintu gerbang

Abis dari telaga, kita diarahkan ke tangga-tangga, dan agak menanjak untuk dapat melihat telaga dari atas. Dan, saranku sebelum kalian kesini ada baiknya "pemanasan" dulu supaya kaki ga keram dan betis ga kaku, aku sih rada ngos-ngosan karena aku jarang olahraga. Tapi pemandangan dari atas sana tuh worthed banget, dan ga salah kita udah cape-cape dan ngedapetin pemandangan yang keren! Serius, ga percaya? Nih!

Aku barengan rerumputan~

Yap! This is what i mean! Jangan fokus di muka ku, fokuslah sama pemandangan belakang ku!

Ceritanya kita leloncatan, tapi kok aku malah kayak goyang dangdut ya

Dari atas sini, kalian bener2 bisa ngeliat view yang oke banget. Liat ga gambar gunung dibelakang kita? Katanya sih itu Gn Sindoro. Bagus ya?

Sehabis dari Wana Wisata Petak 9 ini, aku fikir kita bakal balik ke homestay karena aku ga ngecek Itinerary nya, ternyata enggak. Kita diajak ke Perkomplekan Candi Arjuna. Di kawasan ini juga banyak pedagang oleh-oleh, dan yang pasti ada Mie Ongklok. Tau kan Mie Ongklok apa? Mie yang terbuat dari singkong dan mie ini emang udah jadi icon nya Wonosobo dan Dieng, kalo ke Dieng tapi ga nyobain Mie Ongklok yaa kalian rugi banget, aku pribadi sih suka sama rasa Mie nya, rasanya agak manis khas Jawa Tengah, dan Mie nya disantap di tengah suasana dingin di dieng yang bisa mencapai 10 derajat celcius waktu itu, rasanya "pas" banget. Aku lupa fotoin Mie nya, yaaa udah laper ga bakal kepikiran lah buat fotoin mie hihi. Nih aku ambil gambarnya dari mbah google aja ya.

Mie Ongklok


Udah ya ngomongin makanannya, aku jadi laper. Mending kalian liat pemandangan waktu di Candi Arjuna.




Candi Arjuna1

Candi Arjuna2

Candi Arjuna3
Candi Arjuna4

Candi Arjuna5
Sehabis dari Candi arjuna, kita semua makan mie ongklok seperti gambar yang td di share di atas. Abis makan, kita balik ke homestay. Bersih-bersih terus makan malem, makan malem disini menunya kebanyakan Kentang, karena makanan pokok di Dieng adalah kentang. Tapi enak!
Abis makan, acara bebas, sebenernya kita harusnya tidur, karena nanti malam adalah perayaan malam Tahun Baru, tapi bukannya tidur,kita malah "rumpi" tapi akhirnya tidur juga sii dikamar sempit, HAHAHA sempit? ini kesempatan kan buat melancarkan modusan, secara selama jalan-jalan tadi Kak Widy nempel melulu sama aku, udah kena pelet mungkin dia.
Malam itu udah jam 10an, kita punya waktu tidur sekitar se-jam karena jam 11 malem udah harus siap2 ke arah candi Arjuna buat merayakan pergantian tahun. Kita semua tidur disatu kasur, malam itu posisinya berjejer 5 persis ikan pepes. Kacit di paling kanan, sebelahnya aku, sebelah kiri ku Kak Widy, sebelah Kak Widy Kak Harry dan Wenny. Kita bener2 ga bisa bergerak waktu itu. Tapi kayaknya aku pihak yang diuntungkan, kenapa? Karena aku sebelahan sama kak widy, biarpun cuma tidur sebelahan, lagi2 aku deg degan dan malah ga bisa tidur (boong deng, aku tidur pules banget soalnya nguantuk nya pooooool dan ditambang anget banget sebelahan sama kak widy wahahahahah!). SKIP

Jam 11 nya kita bangun dan siap2 jalan kaki menuju candi arjuna.
Dan, jam tepat jam 12. Kita semua merayakan perayaan tahun baru dengan melepaskan lampion dan "make a wish" untuk Tahun 2015 ini.
HAPPY NEW YEAR!!!

Kacit waktu main masak-masakan (*eh kembang api)

Pelepasan Lampion
Selesai sudahhhhh..
Kita balik ke homestay dengan jalan kaki dan ngos-ngosan karena udara dingin banget. Buat yang alergi dingin, aku saranin kalian bawa jaket yang super tebel dan kalo bisa baju nya di double. Karena disana udara nya dingin banget. Denger2 kalo musim panas, suhu bisa mencapai 0 derajar celcius.

Kita sampe di homestay dan tidur. Nanti Jam 3 harus bangun lagi untuk ngejar sunrise di Bukit Sikunir. Capek? banget. Makanya jaga stamina kalian sebelum melakukan perjalanan seperti ini. Jangan lupa bawa obat ya!

SKIP

Kita semua ketiduran, dan baru bangun sekitar jam 4, telat banget kayaknya buat dapetin sunrise. Aku ketiduran mungkin karena dari tadi ke-enakan tidur sebelah kak widy. HAHAHA! pas bangun aku galau mau lanjutin bobo' sebelah kak widy atau liat sunrise di sikunir? Pas aku memutuskan buat tetep bobo' sebelah kak widy, ehhhh dia nya malah bangun. Damn! Rencana ku gagal.
Kita siap2 cuci muka seadanya dan menuju bus yang akan ngebawa kita ke Sikunir.
Waktu sampe sana udah hampir terang, Jalan nanjak ke atas bukit sikunir waktu Tahun Baru ternyata bikin geleng-geleng kepala, kenapa? karena Padeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet banget sama manusia. Ini naik ke bukit aja pake acara macet segala, macem jalanan depan kantor aja.

Kita ga dapet sunrise sih, tapi setidaknya aku jadi punya semangat baru begitu nyampe di Atas. Aku ngomong dalem hati "Gunung aja udah bisa aku taklukin, masa kamu enggak"

Bukit Sikunir
Kita ga banyak foto waktu di atas sikunir karena emang udah ga dapet Sunrise nya, tapi dari atas sini keliatan beberapa gunung di sekitar Jawa Tengah. Aku si ga merhatiin gunung-gunung nya karena laper, jadi aku makan kentang yang di jual sama pedagang di atas sini. Diatas sini juga banyak yang dagang hahaha amazing bukan?

Perjalanan dieng kelar juga akhirnya, kita balik ke homestay buat siap2 untuk balik kejakarta. Dan beli sedikit oleh-oleh. Sama seperti waktu berangkat, kita ber-4 naik Elf (Kenapa ber-4? Karena kacit waktu itu langsung cuss ke semarang, bener2 bolang dia). Yang itu artinya aku cuma berdua sama Kak Widy sepanjang perjalanan pulang (Kak Harry dan Wenny ga aku anggep, mereka asik pacaran hihi).
Rada deg2 an, kalo bisa diulang aku pengen ulang moment itu. Waktu aku sama dia ngobrol sepanjang perjalanan dari waktu terang sampe gelap. Sampe kita sama-sama capek dan akhirnya ketiduran.

Kita sampe jakarta subuh sekitar jam 5.
Dan pulang kerumah masing2 dengan capek yang amat sangat.


COST (Jangan terpaku sama cost ku ini ya, ini buat patokan aja) :
Trip cost                                  = IDR 525.000,-
ComutterLine Bjg-Dpk            = IDR     2.500,-
P.O Deborah                           = IDR     8.000,-
Jajan Kentang dll                     = IDR    50.000,-
Oleh-Oleh                               = IDR  100.000,-

Total Cost                               =  IDR 685.500,-


Comments

  1. Heii nasti..ceritamu menarik..kamu powerful yaa..
    Psssttt...semoga lancar PDKTan nya sm kak widi..
    aku tunggu cerita kamu selanjutnya...

    From : admirer ��

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. It's very interesting to read.. Good job

    ReplyDelete
  4. Hai admirer. Thank you for your feedback. Thank you doa nya, sering2 mampir di blog ku ya.

    ReplyDelete
  5. Ka galih sang cogan haha ape lu cie cie aja!!

    Ka widy nongol nih ciee hahaha thank you kak :p lol lol lol

    ReplyDelete
  6. nastiii... itu tahunnya ga salah ya kok 30 desember 2015. bukan 2014 yaa...

    ReplyDelete
  7. Waiyaaaaa salah ya! 2014 kan harusnya, ini ditulisan nya juga byk yang typo, maaf keuuuun yaaaaa. Nanti aku revisi haha :D

    ReplyDelete
  8. hahahaha.....asik bgt tulisannya ..

    ReplyDelete
  9. wah arin , km baca hihi aneh itu mah cerita jadul

    ReplyDelete
  10. halo inasti :) aku baca tulisan mu :D sangat menarik dan natural

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

We want more!! A Thousand Island : Harapan Island , Perak Island , Bira Island